Langsung ke konten utama

Fungsi Interior Kantor


Fungsi interior kantor. Ruangan kerja akan nyaman dan indah bila pengaturan ruangnya sesuai dengan luas & fungsi ruangan tersebut, sehingga tidak terjadi pemborosan ruang mau pun kesempitan ruang sehingga mengganggu aktivitas karyawan.

Di setiap ruang kantor, penataan ruang kerja diperlukan untuk kelangsungan & kelancaran aktivitas kerja.

Pengertian kantor, ciri dan unsur definisi kantor, kantor adalah pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.
Segi fisik: Kantor adalah gedung atau tempat penyelenggaraan kegiatan- kegiatan manajemen.
Segi aktivitas: Kantor adalah pusat kegiatannya yang dinamis untuk melakukan pekerjaan bersama dalam mencapai suatu tujuan.

Unsur-Unsur Kantor

  1. Gedung, terdiri dari bangunan, ruangan dan perlengkapan gedung.
  2. Peralatan, terdiri dari mesin-mesin kantor dan perabot-perabot kantor.
  3. Personil, orang yang berada & terkait dalam sebuah kantor / gedung.

Desain Interior Kantor

Desain interior kantor adalah perancangan interior suatu ruang kantor yang ada di dalam suatu bangunan untuk mengatur tata ruang, pergerakan orang, pengaturan furnitur & peralatan kerja, pencahayaan serta dekorasi yang meliputi warna dinding, lantai, plafon dan jendela.

Tahap perancangan interior kantor ini melingkupi bagian dalam suatu bangunan mulai dari pemetaan denah asal bangunan, perencanaan layout (tata ruang / floor plan), rencana plafon, gambar potongan, aksonometri, detail, perspektif, maket.

Setelah mengetahui fungsi-fungsi kantor, silakan pelajari bagaimana merencanakan interior kantor Anda di sini.


Fungsi Interior Kantor

Untuk menjelaskan fungsi interior kantor maka Anda sebelumnya harus mengetahui bahwa secara ringkas kantor merupakan sebuah ruangan yang dijadikan ruang kerja.

Umumnya fungsi interior kantor terkait dengan pekerjaan, tempat proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan pendistribusian data / informasi.

Sebagai ruang kerja, kantor mempunyai kontribusi penting dalam menentukan hasil kinerja seseorang. Ruangan kantor harus mempunyai perencanaan tata ruang yang fungsional, efektif & efisien untuk pengaturan furnitur & alat-alat kerja serta pencahayaannya.

Sehingga tampilan ruang tersebut teratur, rapi, bagus dan nyaman, maka orang yang bekerja dalam kantor tersebut akan menjadi nyaman tanpa adanya berbagai macam gangguan. Demikianlah fungsi interior kantor yang vital.

Fungsi interior kantor dapat pula mempengaruhi semangat dan etos kerja karyawan ke arah yang lebih baik. Bisa Anda bayangkan bila Anda bekerja dalam suatu kantor yang terlalu sempit?

Apakah Anda bisa yakin bila menemui customer service di ruangan yang tidak teratur kursi tunggunya, apalagi ada yang berdiri lama sehingga membuat lebih emosional.

Fungsi interior kantor lainnya adalah mencerminkan profil perusahaan. Fungsi interior kantor untuk menampilkan bahwa perusahaan tersebut beroperasional dengan lancar dan maju.

Komentar